Cara Memasarkan Produk Baru Agar Cepat Di Kenal Dan Di Terima Oleh Masyarakat
Bagaimana cara seseorang dalam memasakran produk, merupakan ujuk tombak dari suatu bisnis, karena sebagus apapun produknya, jika cara memasarkannya salah maka produk tersebut akan sulit dikenal dan di terima di masyarakat, yang tentu akan berujung sulitnya mendapatkan selling.
Terutama buat produk baru yang memang belum di kenal sama sekali oleh masyarakat, sangat memerlukan strategi marketing yang tepat, agar bisa populer dan memperoleh hasil seperti yang kita inginkan.
Jangan sampai kita sudah capek capek membuat dan mendesain produk sabaik mungkin, tetapi ternyata kurang diminati dan tidak laku di pasaran, karena menggunakan cara pemasaran produk yang salah.
Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagai sedikit tips cara memasarkan produk baru agar cepat di kenal dan laku di pasaran.
1. Buat Manjemen Pemasaran Beserta Konsepnya
Ini adalah yang paling penting dalam dunia marketing dan bisnis, tanpa manajemen pemasaran yang baik dan terkonsep maka bisa di pastikan kita sudah gagal sebelum berperang.
Karena tanpa manajemen dan kosep pemasaran yang baik, kita hanya meraba raba dalam melakukan promosi dan pemasaran.
Yang berakibat memasarkan seperti Untung- Untungan.
Padahal dalam suatu bisnis semua harus di perhitungkan dengan benar dan tepat, jika kita mau berhasil, iInilah kesalahan yang banyak di lakukan oleh para pebisnis pemula dalam memasarkan produk mereka.
Untuk itu sebelum melangkah lebih jauh buatlah manajem pemasaran yang baik yang meliputi, segmenting, targeting dan positioning.
2. Buat Toko Online Ataupun Blog Untuk Mempermudah Promosi Online
Saat ini semua sudah serba online, cukup dengan satu klik di depan komputer, maka barangpun akan sampai di rumah.
Nah jika produk baru kita ingin di kenal dan laris di pasaran, maka mau tidak mau, suka tidak suka kita harus membuat toko online maupun blog sendiri.
Karena dengan mempunya toko online sendiri maka kita akan lebih mudah dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk baru kita melalui internet.
Masyarakatpun bisa lebih mudah dalam mendapatkan impormasi seputar kelebihan dan kegunaan dari produk yang kita tawarkan dari website ataupun toko online kita hanya dengan mengetikkan alamat url toko kita di internet.
3. Gunakan Social Media Dan Marketplace Untuk Promosi Secara Online
Nah, jika kita punya blog atau toko online maka bisa mempermudah kita dalam mempromosikan produk secara online melalui social media ataupun marketplace ?
Kenapa?
Karena jika kita hanya mengharapkan sumber pengunjung dari search engine seperti google ataupun yahoo, butuh waktu yang cukup lama sebelum akhirnya kita bisa memperoleh pengunjung organik tersebut.
Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, maka kita bisa menggunakan socail media seperti facebook, twitter, instagram, google+ dan lain sebagainya, untuk mempercepat proses promosi kita.
Saat ini pertumbuhan blogger di indonesia sangat pesat, bahkan banyak di antar mereka yang sudah menjadi profesi.
Nah, jika kita bisa mengundang langsung para blogger untuk bisa terlibat dalam mempromosikan produk kita, maka peluang untuk cepat di kenal dengan cepat akan sangat terbuka lebar.
Caranya dengan membuat konters blog seo, dengan cara memberikan hadiah bagi para blogger yang bisa menduduki halaman pertama google untuk membuat konten artikel yang sudah kita tetapkan.
5. Buat Konten Marketing Yang Baik
Dalam pemasaran online, konten marketing adalah kuncinya, para pakar internet marketingpun menyebutnya dengan istilah "konten is the king"
Karena memang keberhasilan seseorang dalam memasarkan produk mereka secara online tergantung dari seberapa bagus konten marketing yang dia buat.
Dan dalam hal ini satu kesalahan yang sering di buat oleh para pemula adalah membuat konten marketing dengan cara membuat deskripsi produk maupun langsung mengajak para pengunjung untuk membeli produk mereka,karena mereka menganggap konten marketing hanya tentang mempromosikan konten.
6. Menjadi Sponsor Di Suatu Acara Atau Lomba
Meskipun memasarkan produk secara online sangat efektif, tapi bukan berarti pemasaran secara offline kita tingggalkan lho, karena sebenarnya masih banyak juga cara yang cukup efektif untuk promosi secara offline, seperti menjadi sponsor di suatu acara atau lomba.
Maka secara otomatis produk ataupun brand yang kita promosikan di lomba tersebut akan cepat di kenal oleh peserta lomba ataupun penontonya.
Itulah mengapa, kalau sahabat perhatikan banyak brand brand ternama rela membayar mahal untuk menjadi sponsor di olahraga olahraga terkenal seperti bola ataupun bulutangkis.
Karena tentunya dengan logo mereka yang menempel di baju para atlet, maka brand merekapun juga akan ikut terkenal, yang secara tidak langsung akan berimbas pada meningkatnya penjualan.
7. Bagi Bagi Produk Gratis Untuk Promosi
Layaknya seperti memancing, menggunakan umpan ikan kecil untuk mendapatkan ikan yang lebih besar lagi.
Begitu juga dalam hal bisnis, gak ada salahnya kita memberikan produk secara cuma cuma untuk mempromosikan produk kita agar lebih di kenal oleh masyarakat, karena imbasnya nanti kita akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.
Namun tentunya kita membagaikan produk gratis kepada orang orang yang sesuai dengan target market kita yang sudah kita susn dalam manajemen pemasaran di point pertama tadi.
8. Peduli Dengan Isu Di Sekitar Masyarakat
Maksudnya? kita bisa menggunakan strageti promosi dengan memanfaatkan psikologi manusia.
Misalnya dengan cara membuat penggalangan dana yang akan di sumbangkan ke komunitas ataupun organisasi seperti panti asuhan ataupun lainnya dari sebagian hasil penjualan produk kita.
0 comments:
Post a Comment