Fungsi Internet Untuk UKM
Bagaimana cara memanfaatkan fungsi internet untuk UKM di era digital sekarang ini? Apa saja yang bisa dilakukan oleh UKM agar produknya dikenal oleh masyarakat dunia?
Bagi UKM yang sudah memiliki produk sendiri dirasa kurang untuk penjualan, mungkin belum tepat sasaran dan maksimal promosinya. Sekarang tersedia beberapa marketplace gratis yang dapat dipakai untuk mempromosikan barang, seperti Bukalapak, Tokopedia, Kaskus, Elevania, dll. Untuk mengetahui seberapa besar efeknya, silahkan dicoba satu per satu mengupload barang di marketplace tersebut.
Bagi yang ingin lebih serius untuk promosi di online, bisa memakai Facebook ads Indonesia. Facebook memiliki dashboard manager untuk mengelola iklan, disana anda bisa memasang iklan sesuai target. Selain Facebook ads, Instagram dan blog juga bisa dijadikan media promosi. Anda bisa menghubungi buzzer atau selebriti Instagram/blogger yang memiliki pengikut banyak dengan harga yang bisa dinegosiasikan untuk mempromosikan produk UKM.
Produk UKM dari makanan, kerajinan tangan, fashion sudah banyak sekali dijual di online. Anda bisa membuat perbedaan dan memaksimalkan produknya dengan mengganti packaging yang lebih unik dan eye catching. Selain menikmati manfaat dan fungsi dari produkmu, pembeli juga mendapatkan keunikan dari packaging produk yang kamu jual. Biasanya akan dibagikan di social media, itu menambah keuntungan promosi gratis.
Packaging dan branding sangat berhubungan. Contohnya sebuah roti yang berisi parutan keju, packaging akan memakai warna dominan kuning dan sebuah gambar roti yang menggambarkan isi di dalam kemasannya. Usahakan branding tidak jauh-jauh dari kemasan, misalnya makanan menggunakan warna yang cerah dan soft, orang menikmati produknya dari packaging yang bagus lalu akan membeli.
Website dan Blog
Website dan blog merupakan media yang wajib dimiliki UKM saat ini. Fungsi website dan blog untuk UKM sebagai company profile, foto produk, kontak, dll. Buat UKM yang belum memiliki budget untuk membuat website profesional, bisa memakai layanan blog gratisan seperti WordPress, Blogspot, Tumblr, dll. Perbedaan website/blog gratis dan berbayar terkait di penamaan/domain perusahaan dan tema yang bisa dipilih sesuai selera. Jika anda rajin mengisi/posting blog, Google akan menjaring blogmu muncul di halamannya.
Website/blog sebagai katalog produk UKM, usahakan foto produknya lebih detail dan sesuai produk yang dijual. Ada beberapa website yang memanipulasi foto produk agar terlihat bagus di mata konsumen. Cantumkan harga dan kontak jika ada pembeli yang tertarik dengan produk anda. Jika ada kontak yang tersambung dengan Whats App dan LINE itu lebih bagus, lebih mudah untuk dihubungi daripada diberikan nomor telepon.
Jangan sia-siakan momen ketika ada pembeli suka foto dengan produk anda. Itu bisa menjadi portofolio yang bisa diupload di website/blog, pembeli akan senang fotonya muncul disana. Tidak perlu membayar mahal untuk model, konsumen bisa dijadikan model gratis.
Kunjungi Terus http://umkmsaya.blogspot.co.id/ untuk update berita seputar UKM INDONESIA.
0 comments:
Post a Comment